Posted in kesehatan

Alasan Minuman Bersoda Bisa Bikin Badan Gemuk

Banyak kalangan medis dan dokter yang mengingatkan bahwa sering minum minuman beroda atau softdrink dapat menambah berat badan. Lalu apa Alasan Minuman Bersoda Bisa Bikin Badan Gemuk ?

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa tersentuh bahan kimia. Salah satunya menyediakan Gastric Health Tablet yang merupakan suplemen yang baik untuk mengatasi semua masalah pada lambung, yang terbuat dari bahan-bahan alami jadi tidak akan menimbulkan efek samping. Nah, pada kesemapatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai Alasan Minuman Bersoda Bisa Bikin Badan Gemuk. Mari kita simak informasi lengkapnya berikut ini.

alasan-minuman-bersoda-bisa-bikin-badan-gemuk

Alasan Minuman Bersoda Bisa Bikin Badan Gemuk — Banyak dokter dan kalangan medis mengingatkan bahwa minum minuman bersoda atau soft drink bisa menaikkan berat badan dan membuat orang gemuk. Mengapa demikian?

Minum soda sesekali saja memang tidak masalah, namun yang terjadi efek kecanduan pada soda membuat orang ketagihan meminumnya hingga akhirnya dampak buruk yang didapatkan. Orang yang sudah kecanduan hampir tiap hari minum soda bahkan sehari bisa beberapa kali.

Hal ini karena soda mengandung kadar gula yang tinggi. Gula membuat orang merasa baik karena secara instan memberi energi dan membuat tubuh melepaskan serotonin (neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati sehingga membuat orang merasa bahagia). Itulah mengapa minum soda membuat orang kecanduan, seperti dilansir Healthmad. Jadi tidak heran jika kebanyakan penyuka soda akan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung obesitas (kegemukan).

Peneliti di University of Texas menemukan bahwa soda meningkatkan risiko obesitas rata-rata 32,8 persen, sedangkan diet coke (soda bebas gula) justru meningkatkan risiko hingga 54,5. Maka soda bebas gula tak selalu sehat.

Sebagian besar minuman soda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tak ada kandungan nutrisi atau mineral di dalamnya, melainkan hanya gula dan kafein. Selain itu, minuman bersoda sendiri telah memainkan peran terhadap perkembangan hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan hiperinsulemia (kadar insulin dalam darah melebihi jumlah normal).

Alasan Softdrink Bisa Bikin Gemuk

Berikut ini kami uraikan alasan kenapa minuman bersoda / softdrink dapat menaikkan berat badan bagi peminumnya

  • Soda Kaya Akan Kalori

Pernahkah anda merasakan getir di lidah setiap kali mencicipi minuman bersoda? Nah, rasa getir itu timbul akibat perpaduan antara CO2 dan air. Untuk menutupi rasa getir tersebut maka minuman bersoda rasanya cenderung manis. Dan kadar gula di dalam soda inilah yang menyebabkan kadar kalori di dalam minuman ini meningkat. Sehingga dapat memicu kegemukan.

Sedangkan kalori yang tinggi menjadi sumber energi yang tidak diolah dengan baik maka resikonya akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan cadangan kalori dalam darah juga meningkat, yang biasa disebut dengan glikogen.

  • Tidak Ada Reaksi Tubuh Terhadap Kalori Dalam Minuman

Rasa lapar akan timbul karena pengaruh hormon ghrelin yang memerintahkan tubuh untuk merasa lapar. Reaksi hormon ini akan berhenti jika lambung telah terisi oleh makanan atau benda padat, dan tidak akan bereaksi jika yang masuk lambung itu berupa cairan, walaupun cairan itu mengandung kalori yang cukup tinggi.

Minuman hanya dapat menghilangkan rasa haus saja sedangkan tubuh tidak bereaksi terhadap jenis minuman yang masuk di dalam tubuh, hal ini menurut The University of California San Francisco Benioff Children’s Hospital. Artinya jika anda mengkonsumsi minuman bersoda yang tinggi kalori, maka tidak serta merta anda akan merasa kenyang. Akibatnya anda pasti mencari sumber makanan lainnya, sehingga tubuh kelebihan kalori.

  • Kadar Gula Meningkat Akibat Kalori Dalam Bentuk Sukrosa

Kalori dalam minuman soda adalah jenis sukrosa yang berakibat meningkatnya kadar gula dalam darah. Bagi seseorang yang gemar minum minuman bersoda akan mengalami kenaikkan kadar gula dalam darahnya.
Masalah yang timbul akibat peningkatan gula darah adalah tubuh lambat dalam proses pembakaran. Hal inilah yang menyebabkan tubuh cepat gemuk. Dan karena alasan inilah mengapa soda tidak baik bagi mereka yang mengalami diabetes.

  • Minuman soda rendah nutrisi

Walaupun anda mengkonsumsi jus buah yang masih ditambah gula, tetapi masih lebih baik jika dibandingkan dengan minuman soda. Karena jus buah bagaimanapun juga masih kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan dan dapat menetralkan kalori dalam jus tersebut. Berbeda dengan minuman soda yang tidak mengandung nutrisi, jadi tidak ada senyawa penyeimbang di dalam-nya untuk menetrasilir kalori di dalam soda.

  • Tidak semua orang mengalami kegemukan setelah minum soda

Pada umumnya kalori itu hanya numpang lewat saja, maksudnya akan keluar dengan sendiri nya melalui air seni. Akhirnya tidak semua kalori terserap oleh tubuh. Hal ini dikarenakan sifat sukrosa yang berbentuk cairan menghasilkan fungsi kalori berbeda dengan sukrosa yang terdapat pada makanan padat.

Hanya saja pada kasus beberapa orang yang lebih peka terhadap sukrosa berbentuk cairan ini, mereka dapat menyerap kalori dengan maksimal dan hasilnya adalah kegemukan. Memang, sih, minuman soda tidak selalu membuat kegemukan dan ini tergantung dari kondisi tubuh masing-masing orang. Tetapi mengkonsumsi secara berlebihan tetap tidak baik.

  • Minuman soda memproduksi hormon senang

Beberapa riset mengemukanan bahwa minuman soda mempengaruhi mental seseorang. Karena soda menghasilkan hormon oksitoksin, yang dapat memberikan efek rasa senang dan meredakan stres.
Jika soda diminum dalam porsi yang wajar akan meningkatkan kenyamanan dan menurunkan hormon kortisol. Hormon ini yang menjadi pemicu produksi hormon ghrelin dan menyebabkan rasa lapar yang berlebihan.

Baca Juga : Hal Yang Menandakan Diet Yang Dijalani Tidak Sehat

Nah itulah Alasan Minuman Bersoda Bisa Bikin Badan Gemuk. Perlu anda ingat! apapun itu, entah makanan atau minuman jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik. Sama seperti minuman bersoda, tidak baik jika dikonsumsi secara berlebih. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Alasan Minuman Bersoda Bisa Bikin Badan Gemuk |

Advertisements

2 thoughts on “Alasan Minuman Bersoda Bisa Bikin Badan Gemuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s