Posted in kesehatan

Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi

Makanan olahan kerap dinilai sebagai makanan yang kurang sehat. Meski demikian ada beberapa makanan olahan yang memiliki nilai gizi yang baik. Inilah Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi

daftar-makanan-olahan-yang-sehat-menurut-ahli-gizi

Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi — Makanan olahan seringkali dikaitkan dengan makanan yang kurang sehat. Namun akan tetapi ada beberapa makanan diantara makanan olahan yang baik untuk kesehatan, dengan catatan jika anda tahu makanan mana yang harus anda cari. Meskipun memiliki reputasi buruk mengenai makanan olahan yang melalui pemprosesan dan disimpan didalam suatu wadah dianggap memiliki nilau gizi rendah.

Baru-baru ini para Ahli Gizi berbagi informasi untuk makanan olahan yang mereka benar-benar menyetujui dan yang yang tidak membuat mereka merasa ngeri ketika melihat dalam keranjang belanja orang lain. Anda bisa melihatnya dibawah ini mengenai makanan apa yang direkomendasikan oleh para ahli gizi.

Makanan Olahan Sehat

  • Yogurt

Yogurt memang makanan olahan. Tetapi, bukan berarti Anda harus menghindari konsumsi yogurt. Menurut ahli gizi Rebecca Lewis yogurt merupakan sumber protein, vitamin B12, kalsium, dan sumber probiotik. Pilih yogurt dengan kadar gula rendah atau kurang dari 12 gram per takaran saji.

  • Sayuran dibekukan

Tak ada yang salah dengan sayuran yang dibekukan. Sayuran ini memang diproses, tetapi tetap mempertahankan nutrisi dalam sayuran.

Menurut ahli diet dan pendiri The WellNecessities, Lisa Hayim, sayuran beku bahkan mungkin lebih kaya nutrisi dibanding sayuran segar karena saat dipetik dan dibekukan masih mengandung nutrisi tinggi.

  • Saus tomat

Saus tomat mengandung kadar likopen yang cukup tinggi dibanding tomat segar. Likopen dipercaya dapat melawan sel kanker. Untuk mendapat manfaat terbaik, pilihlah saus tomat yang kandungan gula dan garamnya rendah.

Memilih varietas dengan kurang dari 140 mg sodium per takaran saji adalah pilihan terbaik,” ahli nutrisi Erin Palinski-Wade.

  • Fermentasi kubis

Makanan khas Jerman, Sauerkraurt merupakan kubis yang diiris halus dan difermentasi. Menurut Palsinski, fermentasi kubis memiliki manfaat bagi kesehatan.

Sauerkraut kaya probiotik yang membantu menyehatkan pencernaan. Sauerkraut juga kaya serat, sumber vitamin A dan vitamin C,“kata Palsinski. Bahkan, menurut beberapa penelitian, sauerkraut diduga memiliki sifat mencegah kanker payudara.

  • Kacang kalengan

Ada banyak jenis kacang-kacangan. Kacang yang diolah dan ditempatkan dalam kaleng  juga tetap mengandung nutrisi. Menurut Palsinski, kacang olahan dikemas dengan tetap mengandung zat besi, serat larut, pati resisten, dan sumber protein nabati. Pilihlah produk yang rendah sodium.

  • Granola

Granola merupakan sereal praktis yang biasa dikonsumsi untuk sarapan. Beberapa granola merupakan sumber protein dan serat. Sayangnya, banyak pula perusahaan yang menambah gula maupun madu pada olahan granola.

Untuk itu, cermatilah label kemasan granola dan pilih yang tidak diberi gula tambahan. Kandungan yang tepat, yaitu kurang dari 10 gram gula per takaran saji.

  • Burger vegetarian

Burger dikenal sebagai junkfood. Namun, untuk burger vegetarian masih terdapat kandungan nutrisi yang baik. BUrger vegetarian juga merupakan sumber protein. Burger terbuat dari ekstraksi kacang kedelai.

  • Susu almond

Susu almond bisa menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki masalah gastrointestinal atau pencernaan. Pilihlah susu almond yang bebas karagenan.

Cari untuk susu almond yang hanya dibuat dari kacang dan air yang disaring. Bahan lainnya tidak diperlukan,“ujar Hayim.

  • Selai organik

Selai organik bisa menjadi pilihan ketika makan roti. Cukup mengoleskan satu sendok teh, Anda sudah mendapat kandungan antioksidan dan fitonutrien untuk melawan penyakit. Akan tetapi, mungkin saja masih sedikit terpapar pestisida. Khususnya untuk stroberi dan anggur.

  • Sereal fortifikasi

Fortifikasi merupakan penambahan zat gizi ke pangan. Proses fortifikasi sudah dilakukan sejak 1920 untuk mengatasi kekurangan gizi. Contohnya, yodium dalam garam, vitamin D dalam susu, dan zat besi dalam sereal.

  • Pizza beku

Seperti burger, pizza juga dianggap makanan junk food. Namun, menurut The Nutrition Twins, taburan keju pada pizza menjadikannya makanan kaya kalsium. Saus tomat yang digunakan pada pizza mengandung likopen yang bersifat antioksidan.
Akan tetapi, hindari daging olahan dan sosis karena dikhawatirkan meningkatkan risiko kanker. Pilihlah pizza yang penuh sayuran dan keju.

  • Buah-buahan kering

Siapa bilang buah-buahan yang dikeringkan dan menjadi makanan kemasan tidak mengandung nilai gizi. Palinski mengatakan, menurut penelitian, buah-buahan yang dikeringkan tetap mempertahankan nutrisi dari buah segar. Lagi-lagi, ahli gizi mengingatkan untuk mencari buah kemasan tanpa tambahan gula.

  • Asinan

Asinan ataupun acar melewati proses fermentasi.

Fermentasi ini membantu menciptakan probiotik-bakteri baik dalam usus Anda yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan dalam usus,” kata Hayim.

Asinan juga rendah kalori dan bisa dijadikan sekedar camilan.

  • Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Cokelat juga dipercaya dapat meningkatkan serotonin sehingga meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Pilihlah produk yang setidaknya mengandung 70 persen kakao.

  • Roti Ezekiel

Roti ezekiel merupakan roti yang terbuat dari beberapa jenis biji-bijian dan kacang-kacangan. Roti ini memiliki tekstur yang lebih kasar dan bukan terbuat dari bubuk gandum, melainkan gandum utuh. Saat membeli, pastikan, roti yang berasal dari gandum utuh.

  • Selai kacang

Selai kacang juga merupakan tambahan favorit saat makan roti. Selai kacang merupakan sumber serat dan lemak tak jenuh nabati.

Jangan lupa, baca label kemasan sebelum membeli. Pastikan tidak ada tambahan gula atau sirup jagung yang mengandung fruktosa tinggi, dan tidak ada minyak terhidrogenasi karena mengandung lemak trans

  • Keju string

Keju string merupakan salah satu jenis keju yang dinilai lebih sehat. Menurut ahli nutrisi Isabel Smith, keju string rendah lemak sehingga lebih sedikit kalori.

BACA JUGA : Bahaya Mengkonsumsi Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Nah itulah Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi makanan diatas. Karena makanan-makanan tersebut meskipun olahan tapi memiliki nilai gizi yang baik. Sekian dan semoga bermanfaat.
Terus kunjungi situs > Cara Pesan Gastric Helath Tabelt < ini untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya.

| Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi |

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s